---

Lazada Malaysia

Masalah atau Berkah ?



Well guys, kali ini kami ngangkat tema artikel yang lagi banyak ditemuin di kehidupan khususnya buat mahasiswa. Yups … temanya tentang “masalah atau berkah?”. Hal ini banyak menjangkiti mahasiswa mulai dari masalah tugas yang banyak dan numpuk, masalah hati (ciee … :D) sampe masalah yang menyangkut dengan keluarga. Ada pepatah yang bilang kalau masalah itu bagian dari upaya Tuhan mendewasakan kita, tapi “gimana cara ngadepinnya?”. So guys, pembahasan di artikel ini semoga aja bisa bantu kamu nuntasin pertanyaan kamu itu.
Theme : Masalah atau Berkah?
Tinggal beberapa bulan lagi dan gue bakal masuk ke umur yg disebut kepala dua. Gue jg gak tau darimana istilah itu berasal tp yg gue pahami, step hidup gue ternyata udah sejauh ini dan gue mencoba mengurai beberapa hal yg gue dapetin selama ini. Mugkin gue nyadarin hal ini udah lambat banget tpi gue pernah dengar pepatah yg bilang kalau nggak ada istilh terlambat buat jadi yg lebih baik.
Awalnya gue jg gak nyadar kalau ternyata gue cuman larut dlm pikiran alias imajinasi gue aja. Waktu itu gue lagi ada maslah pribadi, ditambah lagi dg tugas2 yg numpuk dan beberapa hal yg kurang menyenangkan yg gue alamin. Pokokny gue kalut deh. Gue jadi pusing sendiri. Gue bahkan mulai ngebayangin hal-hal buruk lain yang bakal terjadi.
Akibatnya, perkerjaan gue yg lain jadi berantakan. Kadang malas ngerjain tugas, ato malas makan, ato ngeratepin diri sendiri. Pokoknya galau deh (Preeettt …). Selain itu gue jg bakal jadi nyebelin buat org lain. Gue jd lebih gampang tersinggung atau lebih mudah marah. Gue jg  jd org yg gampang trauma.
Tapi, suatu siang tuh (lupa tepatnya kapan), gue lagi duduk-duduk di ruang kuliah sambil nunggu dosen masuk. Disitu perhatian gue mulai tertuju ama beberapa kegiatan teman2. Mereka ada yg bercanda, ngerjain teman yg lain, smsan gak tau dg siapa, dengerin musik sambil nyanyi2 sendiri, atau cuman sekedar baca2 buku.
Dari beberapa kegiatan itu, gue nyadar kalau sebenarnya kita punya masalah masing2. Cuman, kita aja yg nentuin sikap buat ngadepin masalah tersebut. Buktinya, kita masih bisa ketawa, masih bisa  nyanyi2, masih bisa ngehibur diri dg baca2 sperti teman gue tadi. Kalau semua orang bisa ndadepin masalahnya dg santai, itu artinya Tuhan juga nyipatain gue dg kemampuan buat ngendaliin emosi gue. Gue kan sama2 manusia dg mereka. Kalau bahasa biologinya tuh satu spesies malah. So, gue mulai nyimpulin kalau gue jg berhak dan bisa bahagia. Gak ada yg bisa ngehalangin gue buat dapetin SOMETHING CALLED HAPPINESS. So, gue mulai nyibukin diri dg hal-hal yg bisa ngebangun semangat gue lagi. Sampai akhirnya, gue pernah baca artikel yg nyebutin kalau kekuatan terbaik untuk memperbaiki diri sendiri adalah KEEP POSITIVE THINKING dg semua masalah yg lo hadepin.
Gue mulai nerapin hal tersebut dan udah beberapa bulan ini ngerasain dampaknya. Gue ngerasa lebih mudah ngejalanin semua. Kalaupun ada masalah selalu bilang ke diri sendiriTuhan lagi nge-tes lo. Itu artinya Dia sayang dan pengen liat lo lebih baik, lebih kuat, dan lebih hebat. So, harusnya lo bersyukur karena Tuhan masih perhatian ama lo. Lo pasti bisa ngehadepin ini kok. Tenang aja”. Dengan berkata seperti itu ke diri sendiri, gue bakal ngerasa lebih nyaman dan kayak dapet semangat gimanaaa gitu.
Ini metode yg gue terapin, lo mungkin punya metode lain buat ngehadepin diri lo. Mungkin metode buat tiap2 org bakal beda2 karena YG PALING KENAL DG DIRI LO ADALAH LO SENDIRI, bukan nyokap, bokap, pacar, adik, kakak, alias orang lain. Mungkin orang lain emang berdampak buat lo, tpi KEKUATAN TERBESAR ITU DIBANGUN DI DALAM DIRI LO SENDIRI. Ini nih alasan kita mesti ngenalin karakter diri kita sendiri.
Inti yang pengen gue bilang disini tuh, setiap masalah yg kita hadepin pasti buat ngebuat kita lebih baik. Sudut pandang kita dalam menghadapi masalah yg dulu nganggepnya sebagai beban HARUS DIUBAH. So, kita nggak nganggep masalah sebagai suatu hal yg menakutkan dan harus ditinggalin. Hadapin setiap hal dengan POSITIVE THINKING. Sekali lagi, BERFIKIR POSITIF DENGAN SETIAP HAL.
Manfaat-manfaat yg bisa diperoleh dr berfikir positif thinking ini diantaranya  :
1.       Hidup bakal terasa lebih ringan, santai, dan you’ll fell the real life
2.       Sikap lo bakal lebih tenang dlm ngedepih hal-hal yg tiba-tiba aja terjadi di hidup lo
3.       Lo jdi sibuk buat memperbaiki diri lo menjadi lebih baik dan itu bakal berdampak baik buat lingkungan sekitar
4.       Sikap pengertian dan memahami org lain itu bakal timbul karena lo nyadar klu setiap org pasti bisa buat salah
5.       Lo bakal nganggep masalah itu teman, bahkan lo malah nganggepnya sebagai berkah karena hal itu buat lo jadi lebih  baik dr sebelumnya
6.       Kamu  bakal lebih rendah hati dan mudah bersyukur
7.       Dan ... beberapa manfaat lainnya kalau lo nerapin hal ini. Gue udah ngerasain beberapa lagi lainnya. So sekarang kesempatan buat lo buat ngerasain karunia Tuhan ini J
Sikap ini mungkin bakal agak sulit diterapin diawalnya karena godaan tuh banyak banget. Mulai dari buruk sangka ato keadaan dan lingkungan yg nggak mendukung. Tapi, kalau gue bisa, LO PASTI BISA juga. Kita kan sama2 manusia. Sama2 diciptain Tuhan di bumi ini. Sama2 lahir dari rahim seorang ibu (walaupun ibu kita beda hehe).  Jadi, GAK ADA ALASAN yg buat lo NGGAK BISA jadi lebih baik dari sebelumnya, dear.
Saran gue, gue pernah dengar seorang cendekiawan bilang gini, “Jika seseorang berkata buruk ttg dirimu, cobalah mencari kebenaran dlm perkataannya itu. Lalu perbaikilah dirimu agar tdk sperti itu lagi. Bila kamu tidak mendapatkan kebenaran dari  perkataan buruknya itu, cobalah tanya dirimu sendiri mengapa kamu tidak mendapatkan kebenaran itu dan balaslah keburukan itu dengan kebaikan. Maka, kamu akan semakin mulia di mata Tuhan dan makhluk-Nya”.
So, selamat mencoba, dear J
21.7.13_42

Written By Nurul Aisyah Salman

Follow by Email

Ask here

Comment Form is loading comments...
Copyright © 2012 Fakultas Teknik UNHAS Gowa